Kegiatan

Lewati Surveillance Audit, SMM ISO 9001:2015 Al-Ikhlas Berlanjut

Setelah melewati Audit Mutu Eksternal selama dua hari oleh auditor eksternal URS Indonesia, Yayasan Al-Ikhlas Bone akhirnya memperoleh rekomendasi untuk melanjutkan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015. Hal ini disampaikan oleh Ichsan Nurdin selaku auditor dalam acara penutupan Audit Mutu Eksternal (AME), Kamis malam (07/12/2023) di Aula Pesantren Al-Ikhlas.

Menurutnya, berbagai temuan dalam audit ini lebih didominasi dalam bentuk temuan observasi atau komentar dan tidak ada temuan yang sifatnya ketidak sesuaian (non conformity) major yang mengarah pada ketidak sesuaian dengan persyaratan sistem manajemen yang seharusnya dijalankan. Hal inilah yang membuat auditor memberikan rekomendasi untuk mendapatkan pengakuan lulus pada sistem manajemen dari Head Office URS di Inggris.

Ichsan juga mengapresiasi kerja keras dan kerja sama yang ditunjukkan oleh auditee para penanggung jawab fungsi yang telah menunjukkan keseriusan dalam menjalankan sistem manajemen mutu dengan mengumpulkan seluruh dokumen pendukung yang menjadi pencatatan pelaksanaannya, hal ini yang memudahkan auditor dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Al-Ikhlas Buka Penerimaan Santri Baru 2024, Berikut Prosedur Pendaftarannya!

Hadir dalam kegiatan penutupan Audit Mutu Eksternal (AME) SMM ISO 9001:2015 Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, Bendahara Yayasan, Ir. Hj. Wahidah Umar, Wakil Ketua Pelaksana Harian Yayasan, H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I., Ketua Dewan Pengawas Yayasan Al-Ikhlas Bone, H. Muhammad Yusuf Umar, SP., M.M, Wakil Pimpinan Pondok Pesantren bidang Kemadrasahan, H. Saharuddin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, serta jajaran kepala lembaga.

Ketua Dewan Pengawas dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh penanggung jawab fungsi yang telah menjalani audit.

”Kita tetap perlu mengevaluasi diri masing-masing, tidak saling menyalahkan, dan sama-sama meningkatkan produktifitas.” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua Pelaksana Harian dalam sambutannya juga memberikan motivasi yang sama, beliau juga menyampaikan telah menyusun perencanaan terkait pemberian apresiasi khusus bagi penanggung jawab fungsi yang menunjukkan kinerja bulanan yang baik dalam pelaksanaan sistem manajemen mutu.

Kegiatan Audit Mutu Eksternal (AME) ditutup secara resmi ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada auditor, pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Pimpinan Pondok, serta foto bersama auditor dan para penanggung jawab fungsi. (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page