Kegiatan

Gelar PAS, Madrasah Al-Ikhlas Evaluasi KBM Semester Ganjil 2023

Madrasah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone menggelar Penilaian Akhir Semester Ganji Tahun Ajaran 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung selama sepekan 9-14 Desember 2023. Proses evaluasi ini menjadi momen penting untuk menilai capaian belajar seluruh santri selama periode pembelajaran.

Para guru dan santri bersama-sama terlibat dalam rangkaian kegiatan sebelum hingga pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ganjil ini. Sebelumnya, para guru telah mengumpulkan soal PAS kepada panitia serta memberikan kisi-kisi soal kepada santri. Setelah seluruh soal terkumpul dan tervalidasi, panitia kemudian mengatur jadwal guru pengawas di setiap kelas.

Andi Akbal Nur, S.Si., S.Pd., Gr., selaku Kepala Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung menyampaikan bahwa penilaian akhir semester ini bukan hanya sebagai indikator prestasi belajar santri, tetapi juga sebagai sarana untuk mengidentifikasi kebutuhan perbaikan dalam proses pembelajaran.

”Hasil penilaian ini tidak hanya mencerminkan pencapaian santri semata, tetapi juga memberi gambaran kepada kami sebagai pendidik tentang efektivitas metode pengajaran yang diterapkan,” ungkapnya.

Guna menjamin mutu pendidikan di Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, pelaksanaan ujian bagi santri baik di madrasah maupun kepondokan menjadi salah satu indikator penting untuk menilai capaian proses kegiatan belajar mengajar. Nilai ujian santri bukan menjadi satu-satunya tolak ukur untuk capaian santri semata, namun lebih dari itu menjadi bahan evaluasi pula bagi para guru mata pelajaran dalam memberikan materi pelajaran.

Baca Juga: Al-Ikhlas Buka Penerimaan Santri Baru 2024, Berikut Cara Pendaftarannya!

Santri yang meraih prestasi gemilang dalam penilaian akhir semester ganjil tahun ini akan mendapatkan penghargaan, seperti piagam prestasi dan pujian khusus dalam upacara penerimaan rapor yang dijadwalkan berlangsung pada 23 Desember 2023 mendatang. Hal ini diharapkan dapat memberikan motivasi tambahan bagi para santri untuk terus meningkatkan prestasi akademik mereka.

Meskipun penilaian akhir semester kerap menjadi momen menegangkan bagi sebagian santri, tetapi pendekatan yang holistik dan dukungan yang diberikan oleh madrasah bertujuan untuk menciptakan lingkungan evaluasi yang positif. Proses ini tidak hanya tentang angka, tetapi juga mengenai pertumbuhan dan perkembangan setiap santri dalam mencapai potensi maksimalnya. (rh/aibs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page