Kegiatan

Lembaga Kepondokan Perkuat Parenting bagi Pembina dan Wali Kamar

Mengawali tahun ajaran baru 2023/2024, masing-masing lembaga di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone membekali SDM dengan berbagai pelatihan. Setelah sebelumnya, lembaga madrasah mengadakan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi para guru, lembaga kepondokan juga mengadakan pembekalan khusus pembinaan bagi pembina asrama dan wali kamar, Sabtu (29/07/2023).

Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan menghadirkan empat pembicara di bidang pembinaan dan pengembangan SDM. Dua pembicara di hari pertama diisi oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren bidang Kemadrasahan, H. Saharuddin, S.Ag., S.Pd.I., M.Pd., dan Trainer, Dai, Motivator, dan Akademisi, sekaligus alumni, Muhammad Asriady, S.Hd., M.Th.I.

Materi di hari pertama berupa penguatan Akidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah serta penguatan pembinaan parenting bagi para pembina dan wali kamar. Sedangkan di hari kedua diisi oleh Wakil Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone, H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I., dan Kepala Divisi SDM dan Penjaminan Mutu, apt. Andi Ahmad, S.Farm.

Materi hari kedua berupa penguatan komitmen dan sinergitas pembinaan di pesantren serta penguatan Sense of Belonging (rasa memiliki) pesantren bagi para pembina. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh wali kamar dan pembina di bawah koordinasi lembaga kepondokan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.

Perkembangan Al-Ikhlas dari waktu ke waktu menghadirkan tantangan baru dalam pembinaan, sehingga pengetahuan dan pemahaman terkait pembinaan selalu menjadi perhatian utama setiap memasuki tahun ajaran baru. Oleh karena itu, para pembina di lingkungan kepondokan yang secara khusus menjadi orang tua santri selama berada di asrama, harus memahami pola-pola pembinaan dan pengasuhan sejalan dengan tantangan tersebut.

Mulai dari penguatan dan kesepahaman ideologi dan akidah dalam pembinaan melalui pemberian materi penguatan Aswaja, pemberian tips dan trik dalam mengasuh dan membina melalui materi parenting bagi pembina, menguatkan komitmen dan sinergitas serta penanaman sense of belonging bagi pembina untuk diteladani bagi para santri.

Humas Kepondokan, H. Abdul Rahim Hamzah, Lc., yang juga merupakan tim kerja kegiatan pembekalan pembina dan wali kamar ini mengungkapkan tujuan dan harapan dari pelaksanaan kegiatan ini.

”sebagaimana harapan dari pimpinan agar di awal tahun ajaran baru ini, seluruh lembaga dapat memberikan pembekalan khusus bagi SDM, kami dari kepondokan juga telah merencanakan dan alhamdulillah dapat berjalan dengan baik. Harapan kami di tahun ajaran baru ini, para pembina mampu bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dalam pembinaan para santri.”

Para pembina mengikuti kegiatan dengan antusias dan ceria, terlihat dari respon yang diberikan saat diberi kesempatan untuk bertanya. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan wali kamar juga menandatangani pakta integritas yang disaksikan langsung oleh Kepala Kepondokan. (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page