Prestasi

Santri Al-Ikhlas Dominasi Juara Pidato Festival Santri Nasional 2023

Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menjadi tuan rumah pagelaran Festival Santri Nasional 2023. Event rutin organisasi Penerima Beasiswa Santri Berprestasi ini menggelar Lomba Pidato Bahasa Inggris dan MTQ. Kegiatan yang berskala nasional ini berlangsung mulai pada 10 Maret 2023 – 14 Mei 2023.

Demi memudahkan para peserta yang berada di luar Makassar, panitia lomba CSSMoRA membagi lomba ini menjadi 2 sesi, sesi pertama diadakan secara daring pada 20 maret sampai 6 April 2023. Pada sesi ini semua peserta mengirimkan video penampilannya ke link yang dibuat panitia. Kemudian pada sesi kedua atau babak final diadakan secara Hybrid. Para peserta yang lolos ke babak final diundang langsung ke Kampus UINAM.

Lomba yang dipromotori mahasantri ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dalam bahasa asing, serta menginspirasi untuk menginisiasi perubahan positif dalam masyarakat. Para peserta ditantang untuk menggabungkan pengetahuan teoritis dan pengalaman pribadi dalam pidato inspiratif yang dapat mempengaruhi audiens.

Lebih dari 300 santri dari berbagai daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Setelah melalui seleksi awal, 6 peserta terpilih untuk maju ke babak final. Para peserta mengangkat tema utama Peradaban Islam. Mereka memberikan sudut pandang dan solusi yang unik dan kreatif, serta menunjukkan kemampuan berbicara yang mengesankan. Para juri terdiri dari akademisi dan praktisi di bidang pidato dan bahasa. Mereka mengevaluasi pidato berdasarkan konten, presentasi, keterampilan berbicara, dan pengaruh pada audiens.

Sebanyak 6 peserta lolos ke babak final English Speech, Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone menjadi satu-satunya yang berhasil meloloskan 3 santri finalis. Pada babak final yang digelar 13 Juni 2023 kemarin, santri Pondok pesantren Al-Ikhlas berhasil meraih tiga juara. Juara 2 dipersembahkan oleh Nurul Khalifatul Azizah Ali, Juara 3 atas nama Raihadatul Fitriyah Ramadhani, dan Juara Harapan 3 atas nama Andi Muhammad Fauzan Risky Gunawan.

Andi Akbal Nur, S.Si., Gr, selaku Kepala Madrasah Aliyah, mengucapkan selamat kepada para santri yang telah membanggakan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone dan mengapresiasi para pembina pendamping yang telah membimbing mereka. Selain itu, ucapan terima kasih juga beliau sampaikan kepada panitia CSSMoRA UINAM yang telah berhasil menyelenggarakan lomba ini.

“Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung berkomitmen untuk terus memberikan kesempatan bagi para santri untuk mengasah kemampuan berbicara berbahasa asing mereka dalam ajang nasional berikutnya,” Ungkapnya.

Festival Santri Nasional 2023 ini menunjukkan bahwa para santri di Indonesia bukan hanya cerdas dari segi keagamaan, tetapi juga memiliki potensi besar dalam berbicara di depan umum menggunakan bahasa asing dan menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat. Selamat kepada para pemenang dan semoga acara ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda. (rh/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page