Kegiatan

Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Setelah pelaksanaan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, kini giliran Madrasah Tsanawiyah (MTs) melaksanakan program pengembangan kapasitas guru untuk penerapan Kurikulum Merdeka yang telah digagas oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan didukung oleh Kementerian Agama, Rabu (12/07/2023).

Pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas guru di Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone merupakan hal yang rutin terlaksana setiap menghadapi tahun ajaran baru. Beberapa pelatihan yang diikuti oleh para guru, bukan hanya secara offline, namun mereka juga aktif mengikuti berbagai pelatihan yang dilaksanakan secara online.

Menyambut tahun pelajaran 2023-2024, MTs Al-Ikhlas Ujung menjadi salah satu lembaga pendidikan menengah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, pimpinan madrasah merespon cepat hal tersebut dengan melakukan pelatihan IKM ini secara internal.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis yang bertempat di Wisma Al-Ikhlas. Menghadirkan pemateri yang berpengalaman di bidang pengembangan kurikulum, Andi Nur Budiman, M.Pd yang merupakan Ketua Pokjawas Kemenag Kabupaten Bone, dan Akmal, M.Pd, Pengawas MTs Kemenag Kabupaten Bone.

Pelatihan IKM ini dibuka oleh Wakil Ketua Pelaksana Harian Yayasan, H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan urgensi pelatihan ini dalam menghadapi tahun ajaran baru, serta memotivasi para guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menghadirkan pembelajaran kepada para peserta didik, sehingga lahir output yang berkualitas.

Sebanyak 38 guru dalam satuan kerja MTs Al-Ikhlas Ujung mengikuti kegiatan pelatihan ini. Antusiasme guru terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pemateri. Bukan hanya itu, para guru juga terlihat ceria mengikuti beberapa ice breaking yang dimainkan oleh pemateri.

Jusmadi Musa, S.Pd., Gr. selaku Kepala MTs Al-Ikhlas Ujung mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pemateri yang sudah dengan luar biasa memberikan materi terkait Kurikulum Merdeka serta menyiapkan fasilitas guna implementasi kurikulum merdeka ini.

Workshop yang digelar dua hari ini bertujuan agar para guru dapat mengimplementasikan pembelajaran kurikulum merdeka selain karena MTs Al-Ikhlas Ujung Bone merupakan salah satu madrasah yang telah dipercaya untuk menerapkan kurikulum ini. (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page