Kegiatan

Kunjungi MAN 4 Jakarta, Peserta Study Tour Al-Ikhlas Diperkenalkan Kurikulum Cambridge

Hari pertama kegiatan Study Tour 2023 Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone di Ibu Kota Negara, DKI Jakarta, mengagendakan kunjungan utama ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta, Selasa (30/05/2023).

Kedatangan peserta disambut langsung oleh seluruh jajaran pimpinan MAN 4 Jakarta dengan berbagai prosesi khusus, mulai dari persembahan atraksi pencak silat dari siswa, hingga pengalungan selempang kepada Pimpinan Pesantren Al-Ikhlas.

Kegiatan formal penyambutan berlangsung di salah satu aula MAN 4 Jakarta. Diawali dengan sambutan dari Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, H. Saharuddin, S.Ag., S.Pd.I., M.Pd. yang mengungkapkan hubungan antara Pesantren Al-Ikhlas dan MAN 4 Jakarta yang telah terjalin lama bagai guru dan murid.

”Kami menyampaikan bahwa MAN 4 ini adalah sebenarnya guru kita, sehingga itulah yang membuat kita datang di sini dan hadir di sini, karena kita takut kualat datang ke Jakarta tanpa mengunjungi guru kita.” Ungkapnya penuh kelakar.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Kepala MAN 4 Jakarta, Wido Prayoga, M.Pd. yang baru saja menjabat. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang dan ungkapan suatu kehormatan dapat dikunjungi, serta berharap dapa melakukan kunjungan yang sama ke Pesantren Al-Ikhlas.

MAN 4 Jakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama yang berstandar Internasional dengan penerapan kurikulum Cambridge. Berbagai prestasi baik dalam bidang sains, olahraga dan seni telah ditorehkan siswa dan siswinya.

Iik Zakki Mubarok, S.Kom., M.Pd., selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Pengembangan Mutu mengungkapkan beberapa kelebihan yang dimiliki MAN 4 Jakarta hingga mampu meraih standar internasional.

”Kita memfasilitasi siswa siswi MAN 4 Jakarta, tidak hanya cerdas secara kompetensi, tapi juga secara seni dan lainnya juga kami fasilitasi. Untuk kegiatan kolaborasi dengan pelajar-pelajar luar negeri, kami juga mengikuti beberapa kegiatan di beberapa negara, yang mana MAN 4 Jakarta adalah salah satu anggotanya.” Paparnya.

Para peserta study tour kemudian menyaksikan tayangan video berupa profil penerapan kurikulum Cambridge di MAN 4 Jakarta.

Wakabid Pengembangan Mutu melanjutkan penjelasannya terkait kurikulum Cambridge yang beririsan dengan kurikulum kementerian nasional sekitar 80% sehingga kurikulum ini digunakan di MAN 4 Jakarta. Output dari penerapan kurikulum ini lanjutnya membawa alumni MAN 4 Jakarta dapat diterima 100% di perguruan-perguran tinggi terbaik di Indonesia.

Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama pimpinan MAN 4 Jakarta dan peserta study tour. (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page