Kegiatan

Ketua Yayasan Berikan Kuliah Capacity Building Guru Al-Ikhlas

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone kembali menggelar pelatihan khusus untuk peningkatan kualitas pelayanan dan mutu pembelajaran guru dan pembina di awal tahun ajaran 2023/2024 ini. Kegiatan bertajuk Capacity Building Guru dan Pembina ini berlangsung di Aula Pesantren, Jumat (20/072023).

Hadir sebagai pembicara kunci, Ketua Yayasan Al-Ikhlas Bone, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA., serta didampingi tamu khusus dari Yayasan Tahfiz Sulaimaniyah. Dalam pemaparan kuliahnya, Ketua Yayasan secara historis mengulas asal usul Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone di hadapan para guru dan pembina.

Menurutnya, lahirnya pesantren ini tidak lepas dari peran yang sangat luar biasa dari kedua orang tua beliau. H. Andi Muhammad Umar dan Hj. Andi Bunga Tungke dalam memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat. Hobi mengajar almarhum ayahanda beliau menjadi salah satu alasan yang mendorong beliau untuk membangun pesantren ini.

Kegigihan dan keikhlasan Puang Aji Umar dalam mempelopori lahirnya pendidikan di kawasan yang dulunya menjadi tempat berperangnya pasukan DI/TII dan Tentara Nasional ini, tergambarkan secara jelas dalam penjelasan beliau.

Rangkuman perjalanan pendiri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone menjadi motivasi kepada para guru dan pembina untuk tidak berkecil hati dan terus semangat.

”Desa Ujung ini adalah desa berkah, jangan pernah berkecil hati teman-teman, menjadi guru itu tidak pernah miskin.” ungkap Imam Besar Masjid Istiqlal Indonesia ini.

Setelah memaparkan seputar sejarah dan awal mula berdirinya Al-Ikhlas, Ketua Yayasan memaparkan perencanaan strategis untuk pengembangan Al-Ikhlas ke depan, terutama terkait pelayanan internal bagi para guru dan pembina untuk dapat difasilitasi dengan baik agar dapat meningkatkan mutu dan kompetensinya.

Rektor Universitas PTIQ Jakarta ini mengungkapkan bahwa beliau tidak pernah memikirkan untuk membuat Al-Ikhlas menjadi sangat besar, namun yang menjadi pemikiran beliau untuk menyajikan sesuatu yang berbeda di Al-Ikhlas dari pesantren lain.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ustaz Salman dari Yayasan Tahfiz Sulaimaniyah, Turki, sekaligus memaparkan terkait program khusus kerja sama yang akan dibangun antara Al-Ikhlas dan Sulaimaniyah Turki dalam pengembangan Tahfiz Al-Qur’an dan gedung percontohan. Kegiatan ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Yayasan.

Program Capacity Building Guru dan Pembina ini akan dilanjutkan dengan Pembekalan Khusus Wali Kamar dan Pembina Asrama yang akan diselenggarakan oleh Lembaga Kepondokan Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone pada 24 dan 25 Juli mendatang.  (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page