KabarKegiatan

Jajaran Pimpinan Sambangi Pesantren dan Ma’had Aly Jawa Timur

ALIKHLASBONE.AC.ID – Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone mengutus beberapa jajaran pimpinan dalam kegiatan silaturrahim dan pembahasan kerja sama dengan beberapa pesantren dan perguruan tinggi ma’had aly di Jawa Timur, Jumat (9/9/2022). Sebanyak 6 orang tergabung dalam tim kunjungan yang terdiri dari unsur dewan pengawas pesantren, pimpinan pondok pesantren, unsur pimpinan lembaga, dan jajaran badan pelaksana harian yayasan.

Ketua Dewan Pengawas Pesantren, H. Muhammad Yusuf Umar, S.P., M.M., selaku penanggung jawab tim menyatakan bahwa kunjungan ke pesantren dan ma’had aly di Jawa Timur merupakan langkah Yayasan Al-Ikhlas Bone pasca pandemi Covid-19 untuk kembali memulihkan sistem pesantren yang dinilai mengalami penurunan, khususnya dalam pemenuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Bidang Kemadrasahan, H. Saharuddin, S.Ag., S.Pd.I., M.Pd. yang juga merupakan bagian dari tim menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya proporsional pesantren dalam rangka mengisi kekosongan fungsi pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kepondokan, khususnya dalam bidang qira’atul kutub dan pembelajaran Bahasa Arab.

“Beberapa pesantren dan ma’had aly di Jawa Timur yang akan kami kunjungi merupakan lembaga pendidikan terkemuka di Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bukan hanya silaturrahim yang kami lakukan, tapi kami juga mencoba membangun peluang kerja sama untuk memperkuat hubungan dengan pesantren kita khususnya terkait penyediaan guru bantu dari alumni pesantren dan ma’had aly yang akan kami kunjungi tersebut.” tambahnya.

Kepala Divisi Keuangan dan Perencanaan Badan Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone, Andi Asmar, S.E. yang juga merupakan ketua tim memaparkan rencana kunjungan pesantren dan ma’had aly di Jawa Timur.

“Jika disesuaikan dengan rencana yang telah disusun oleh tim, kami akan mengunjungi empat pesantren atau ma’had aly di Jawa Timur meliputi Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Ma’had Aly Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, dan terakhir Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang. Kegiatan ini juga akan kami rangkai dengan pembelian kebutuhan kitab halaqah santri serta ziarah ke beberapa makam wali dan ulama yang terdapat di Jawa Timur.” jelasnya.

Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan hingga 16 September 2022 yang turut menyertakan dua orang peserta tim dari jajaran pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Lambuya Konawe yang merupakan anak cabang dari Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. */aibs

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page