Kegiatan

Hadirkan Ahli, Tim Humas Al-Ikhlas Dalami Optimasi Media

ALIKHLASBONE.AC.ID – Divisi SDM dan Penjaminan Mutu melaksanakan pelatihan pengelolaan website bagi seluruh unit yang menangani bidang kehumasan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama tiga hari di Aula Pondok Pesantren, 24 sampai 26 Januari 2023.

Pelatihan ini menghadirkan Busman Arifin, yang merupakan seorang praktisi digital marketing, jasa SEO, private class, webmaster, social media marketing, dan pembicara internet marketing.

Busman Arifin, Instruktur Pelatihan Pengelolaan Website, (Dok. MCIT, 2023)

Sebanyak delapan peserta yang mengikuti pelatihan ini yang terdiri dari Wakil Kepala Madrasah Bidang Hubungan Masyarakat, Koordinator Hubungan Masyarakat Divisi Humas, Media dan Kerja Sama, Koordinator Media Divisi Humas, Media dan Kerja Sama, Staf Kepondokan dan Staf Media Center.

Kegiatan pelatihan ini merupakan upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang yang bertugas khusus untuk pengelolaan media resmi Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Seluruh peserta pelatihan mendapatkan pembekalan materi dan praktik langsung dari instruktur.

Wakil Kepala Madrasah Aliyah bidang Humas, Rudi Hartono, M.Pd. menyampaikan rasa penasarannya dengan ilmu baru terkait pengelolaan dan optimasi media. Menurutnya, waktu tiga hari pelatihan untuk membahas materi terkait tidaklah cukup.

Busman Arifin, Instruktur Pelatihan Pengelolaan Website, (Dok. MCIT, 2023)

“Kayaknya untuk mempelajari dan mendalami materi terkait optimasi website ini tidak cukup kalau hanya tiga hari saja, apalagi fokus kami juga harus terpecah dengan beberapa kegiatan internal madrasah yang harus ditangani.” Ungkapnya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah bidang Humas, Muhammad Wahidin AK, S.Pd. mengharapkan untuk kelanjutan pelaksanaan pelatihan ini.

Busman Arifin mengungkapkan bahwa Tim Humas Pesantren Al-Ikhlas memiliki potensi dan bakat menulis yang luar biasa, terbukti melalui analisis website yang ia lakukan menunjukkan indikasi keterbacaan yang sangat baik, hanya saja perlu optimasi di bidang SEO, sehingga tulisan terkait pesantren dapat muncul di halaman pertama pencarian google.

Busman mengakui di akhir pelatihan bahwa kegiatan selama tiga hari ini belum cukup untuk optimasi pengelolaan media, namun dengan candaan, ia tetap membuka ruang komunikasi secara online.

Pelatihan Pengelolaan Media Website, (Dok. MCIT, 2023)

“ini memang tidak cukup untuk dibahas secara mendalam, tapi kita masih tetap bisa berkomunikasi melalui zoom atau semacamnya, itu gratis, beda kalau saya dipanggil mengisi pelatihan langsung seperti ini.” ungkapnya dengan penuh canda.

Menindaklanjuti pernyataan tersebut, Kepala Divisi Humas, Media, dan Kerja Sama, Bustan Kadir, M.I.Kom., yang juga merupakan penanggung jawab pelatihan menyampaikan bahwa ada banyak rekomendasi dari pelatihan ini untuk disampaikan ke bagian Penjaminan Mutu Pesantren Al-Ikhlas untuk ditindaklanjuti.

“Tentu dari pelatihan ini ada banyak catatan rekomendasi kami untuk disampaikan ke bagian penjaminan mutu, kami tentu berharap kegiatan pelatihan bersama Pak Busman ini bukan yang terakhir, dan tentu kita bisa berkonsultasi secara online nantinya. Kami memohon maaf jika dalam pelaksanaan pelatihan terdapat kekurangan baik dari pelayanan maupun hal lain.” Jelasnya di akhir pelatihan.

Penyerahan Sertifikat kepada Instruktur, (Dok. MCIT, 2023)

Kegiatan pelatihan pengelolaan media website diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada instruktur dan berfoto bersama pada peserta pelatihan. Pasca kegiatan ini, Divisi SDM dan Penjaminan Mutu mengagendakan pelatihan khusus untuk penulisan berita dengan melibatkan bukan hanya dari unsur pembina dan pegawai yang terkait, akan tetapi juga melibatkan santri yang memiliki minat kepenulisan. (**/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page