Kegiatan

Asah Skill Jurnalistik, Tim Pengelola ALIKHLASBONE.AC.ID Ikut Pelatihan

WATAMPONE, ALIKHLASBONE.AC.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kehumasan dan Publikasi yang diperuntukkan bagi jajaran kehumasan, yang meliputi seluruh Kantor Urusan Agama (KUA), madrasah, dan pondok pesantren dalam lingkup Kemenag Bone, Kamis (11/2).

Kegiatan ini berlangsung secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Hadir Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Bone, Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum, sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Turut hadir pula mendampingi beliau Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kemenag Bone Ahmad Yani, S.Ag., M.Ag.

Kakan Kemenag Bone dalam sambutannya berharap dengan dilaksanakannya Bimtek Kehumasan & Publikasi ini para Humas dari KUA, madrasah, dan pondok pesantren mampu memberikan dampak nyata dalam pemberitaan dan publikasi, utamanya dalam memperkenalkan Kemenag Kabupaten Bone.

“Saya berharap rekan-rekan Humas dari lembaga mampu menulis berita dengan baik, sebagai wajah utama dari Kemenag Bone…” pintanya.

Pada kesempatan ini, Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone mengutus lima orang pembina yang merupakan Tim Pengelola Portal ALIKHLASBONE.AC.ID untuk turut serta dalam kegiatan tersebut, hal ini dimaksudkan agar pembina dapat menambah pengalaman dalam bidang jurnalistik yang berkaitan dengan publikasi dan tetap menjaga kualitas dengan mengikuti berbagai pelatihan. Kelima pembina tersebut terdiri dari H. Bustan Kadir, S.Sos., M.I.Kom; Anugrah, S.Ag; Muhammad Ishar Kadir, S.Kom; Rahmawati Yasin, S.Pd; Suriyanti, S.Ag.

Materi Kode Etik Jurnalistik oleh GM Radar Bone, Usman Sommeng (Dok. Tim Pengelola Website Al-Ikhlas, 2021)

Kegiatan Bimtek ini menampilkan pemateri pertama dari Harian Radar Bone, Usman Sommeng. Beliau menyampaikan materi mengenai kode etik yang harus dijunjung tinggi dalam tiap peliputan berita. Beberapa kode etik yang harus dipegang oleh seorang jurnalis diantaranya independen, profesional, berimbang, dan lain-lainnya. Selain itu, General Manager Radar Bone tersebut juga menjelaskan mengenai teknik pengumpulan data agar penyajian berita dapat dilakukan dengan baik.

Turut hadir pula sebagai pemateri kedua H. A. Asdar yang merupakan Owner dan sekaligus Pimpinan Redaksi Tribun Bone. Materi yang dimulai pukul 13:00 WITA ini berisi tentang teknik penulisan berita. Di akhir materi, peserta diminta membuat berita mengenai kegiatan Bimtek yang sedang berlangsung. Peserta yang hadir sangat antusias membuat berita karena berita yang telah dibuat oleh peserta diperiksa secara langsung oleh pemateri. (ry/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page