Kegiatan

Al-Ikhlas Sosialisasi Pengembangan Layanan Smart Card

Divisi Keuangan dan Perencanaan Badan Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone menggelar sosialisasi virtual Pengembangan Layanan Keuangan kepada para orang tua dan wali santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone yang bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia dan PT. Teknologi Kartu Indonesia (TKI), Ahad (04/09/2023).

Kepala Divisi Keuangan dan Perencanaan, Andi Asmar, S.E. selaku pengelola dan penanggung jawab penerapan sistem ini mengemukakan pentingnya pengembangan sistem ini di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung.

Menurutnya, semula divisi keuangan telah menerapkan sistem pembayaran untuk iuran santri melalui virtual account (VA) namun dinilai tidak cukup hanya seperti itu, ia melanjutkan bahwa orang tua juga dapat memantau secara langsung perkembangan putra-putri mereka yang belajar di Al-Ikhlas dengan perangkat yang mereka miliki, santri hanya dilengkapi dengan satu kartu khusus yang kita sebut ”Smart Card” yang digunakan untuk keperluannya selama di Al-Ikhlas.

”kita menginginkan ke depannya tidak ada lagi uang tunai yang beredar di pondok pesantren ini oleh warga pesantren, mulai dari pembayaran iuran bulanan santri, jajan, dan layanan unit usaha di Bumpes Al-Ikhlas, bahkan untuk absensi santri dan pegawai ke depan semua akan terintegrasi dengan sistem yang kita bangun ini.” ungkapnya.

Sebanyak lebih dari 550 santri dari Kelas VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah serta Kelas XI dan XII Madrasah Aliyah yang telah terdaftar dan memiliki kartu digital yang secara khusus hanya dapat digunakan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Adapun santri baru Kelas VII dan X sedang dalam proses penyelesaian input data, dan akan menyusul untuk penggunaan kartu santri ini.

Sebagai mitra, pihak pengembang PT. Teknologi Kartu Indonesia dan Bank Syariah Indonesia memberikan jaminan keamanan data kepada orang tua dan wali santri dalam menggunakan aplikasi atau perangkat mereka. Sehingga mereka tidak perlu khawatir terhadap hal tersebut.

Hadirnya layanan ini akan memberikan kemudahan kepada orang tua santri dan juga santri dalam bertransaksi keuangan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Begitupun dengan kontrol terhadap jajan santri dapat secara real time terlihat oleh aplikasi yang terpasang di perangkat ponsel orang tua.

Di sisi Divisi Keuangan juga terbantu dalam hal mengingatkan orang tua jadwal pembayaran-pembayaran santri. Kartu yang dipegang oleh masing-masing santri ini juga menjadi Kartu Pelajar mereka yang dapat digunakan sebagai penanda identitas yang di dalamnya telah terprogram. Layaknya kartu elektronik, kartu inilah yang mereka gunakan untuk pembayaran.

Bagian akhir sosialisasi, Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah turut memberikan pernyataan terkait penerapan sistem kartu digital ini kepada para orang tua santri. (*/aibs)

Admin

Web Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page